10 Oktober 2012

Membuat Blog





Haris HS | 18.19 | 0 Comments





Cara Membuat Blog di Blogger/Blogspot
Pada edisi sebelumnya kita telah mengenal apa itu blog dan Blogger/Blogspot sebagai platform blog. Langkah selanjutnya tentu saja adalah bagaimana cara membuat blog di Blogger/Blogspot. Untuk dapat membuat blog di Blogger/Blogspot, pengguna dapat menggunakan single account di Google. Apa yang dimaksud dengan single account atau single ID? Dengan mendaftar account email di Gmail, pengguna dapat menggunakan account ID tersebut untuk mengakses semua produk Google seperti Blogger, Youtube, Adsense, dan lain-lain.
Berikut adalah langkah-langkah membuat blog di Blogger:
1.       Buka homepage Blogger di http://www.blogger.com

2.       Jika Anda sudah memiliki account Gmail atau dari Google Account lain, anda dapat langsung login/sign in dengan account Gmail. Setelah Anda sign in, Anda harus memasukkan nama layar dan menerima Syarat Layanan Bogger. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk membuat blog dan memulainya.
3.       Jika belum memiliki account Google, klik “Get Started” dan anda diminta mengisi form pembuatan account Google. Anda dapat menggunakan email Yahoo atau account email lainnya.


4.       Setelah Anda mengisi form pendaftaran, klik link “Create Blog”. Masukkan judul dan alamat (URL) blog sesuai keinginan Anda. Jika saat anda memasukkan alamat (URL) blog dan terdapat peringatan address/URL unavailable artinya alamat (URL) tersebut sudah digunakan oleh pengguna lain. Carilah alamat (URL) lain dan cek ketersediaan. Anda juga harus mengetikkan kata verifikasi yang ditampilkan di halaman ini.

5.       Langkah selanjutnya, Anda dapat memilih template blog yang telah tersedia. Anda dapat mengeditnya kemudian. Template adalah tampilan blog yang akan muncul setelah anda mempublikasikan blog Anda.


6.       Kini blog Anda sudah jadi. Anda dapat memulai posting atau mengubah tampilan. Untuk posting, silahkan klik “Mulai Blogging” / “Start Blogging”.


7.       Langkah selanjutnya adalah posting. Apa itu posting? Posting adalah memasukkan tulisan di blog Anda untuk selanjutnya dipublikasikan. Posting dilakukan melalui Dashboard. Dashboard ibaratnya ruang kendali pengaturan blog Anda. Pada Dashboard blog Anda, klik menu “New Post” di sebelah blog yang ingin di-posting. Ingat, Anda dapat menambah blog hingga 100 blog pada satu account Blogger Anda. Selain itu   Anda dapat mengubah pilihan bahasa.


8.        Pastikan Anda klik “New Post” pada blog yang ingin Anda posting.  Awali dengan memberikan judul pada posting-an Anda kemudian ketik isi posting-an. Sebelum Anda mempublikasikan posting, Anda dapat mem “Preview” untuk melihat tampilan setelah dipublikasikan. Jika Anda sudah yakin, silahkan klik “Publish”.



9.       Selain posting tulisan/text, Anda pun dapat posting gambar. Anda dapat meng-upload foto atau gambar dengan menggunakan ikon gambar pada toolbar editor posting. Ketika Anda meng-klik ikon ini, akan muncul window baru di mana Anda bisa memilih satu atau beberapa gambar dari komputer Anda. Klik tombol "Choose Files" untuk mencari gambar yang Anda inginkan. Atau, Anda bisa memasukkan URL dari gambar yang sudah online untuk dimasukkan ke dalam posting Anda. Apabila Anda meng-klik link untuk memilih “Layout”, Anda bisa mengatur cara gambar Anda muncul di posting Anda. Opsi di sebelah kiri, tengah dan kanan akan menentukan bagaimana teks dari posting Anda akan mengalir di sekitar gambar. Opsi ukuran ini memungkinkan Anda mengatur skala gambar ke ukuran yang berbeda di area posting.

1.   Untuk melihat posting-an pada blog Anda, silahkan ketik alamat(URL) blog Anda pada address bar di browser.

download file klik disini



By Haris HS
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 comments: