10 Januari 2013

Abortus





Haris HS | 00.22 | 0 Comments



ABORTUS
Definisi
Abortus adalah istilah yang diberikan untuk semua kehamilan yangberakhir sebelum periode viabilitas janin, yaitu yang berakhir sebelumberat janin 500 gram. Bila berat badan tidak diketahui, maka perkiraan lama kehamilan kurang dari 20 minggu lengkap (139 hari), dihitung darihari pertama haid terakhir normal yang dapat dipakai.
  • Abortus iminens
keadaan dimana perdarahan berasal dari intrauteriyang timbul sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu dengan atautanpa kolik uterus, tanpa pengeluaran hasil konsepsi dan tanpa diatasiserviks.
  • Abortus insipiens
keadaan perdarahan dari intrauteri yang terjadidengan dilatasi serviks kontinu dan progresif, tetapi tanpa pengeluaran hasil konsepsi sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu.
  • Abortus inkompletus
 keluarnya sebagian, tetapi tidak seluruh hasil konsepsi sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu.
  • Abortus kompletus
keluarnya seluruh hasil konsepsi sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu.
  • Abortus spontan
 pengeluaran hasil konsepsi tidak disengaja sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu.
  • Abortus diinduksi
 penghentian kehamilan sengaja dengan cara apasaja sebelum umur kehamilan lengkap 20 miggu. Dapat bersifat terapi atau non terapi.
  • Abortus terapeutik
penghentian kehamilan sebelum umur kehamilan lengkap 20 minggu karena indikasi yang diakui secara medis, dan dapat diterima secara hukum.
  • Abortus habitualis
terjadinya tiga atau lebih abortus spontan berturut-turut.
  • Abortus terinfeksi
abortus yang disertai infeksi organ genitalia.
  • Abortus septik
abortus yang terinfeksi dengan penyebaran mikroorganisme dan produknya kedalam sirkulasi sistemik ibu.
  • Missed abortion
 abortus yang embrio atau janinnya meninggal dalam uterus sebelum umur kehamilan 20 minggu, tetapi hasil konsepsi tertahan dalam uterus selama 8 minggu atau lebih.
Prinsip Dasar
Kira-kira 12 – 15% dari seluruh kehamilan berakhir spontan sebelum umur kehamilan 20 minggu. Sehingga, tidak mungkin mengetahui pada permulaannya, apakah abortus iminens akan berlanjut ke abortus insipiens, inkompletus atau kompletus. 60% faktor penyebab adalah genetik . USG dapat menentukan denyut jantung janin (> 5mm) dan membantu menentukan kelainan organik (anensefalus, NT >3mm)
Diagnosis
Anamnesis – riwayat haid, gejala hamil, perdarahan pervaginam, nyeri abdomen
Pemeriksaan fisik – umum, abdomen, pelvis.
Tes tambahan – tes HCG, USG, tes koagulasi.
Manajemen
Pada keadaan iminens, tirah baring tidak memberikan hasil lebih baik (IA), namun dianjurkan untuk membatasi aktivitas. Upayakan untuk meminimalkan kemungkinan rangsangan prostaglandin. Tidak dianjurkanterapi dengan hormon Estrogen dan Progesteron. Dapat diindikasikan sirklase serviks pada trimester kedua untuk pasien dengan inkompetensiaserviks.
Perdarahan subkhorionik dengan janin normal, sebagian besar akanberakhir dengan kehamilan normal. Sebaliknya pada nir-mudigahdianjurkan untuk evakuasi dengan obat misoprostol atau aspirasi.
Pada keadaan insipiens, umumnya harus dirawat. Karena tidak ada kemungkinan kelangsungan hidup bagi janin, maka dapat diberikan misoprostol untuk mengeluarkan konsepsi, analgetik mungkin diberikan. Demikian pula, setelah janin lahir, kuretase mungkin diperlukan.
Pada keadaan inkompletus, apabila bagian hasil konsepsi telah keluar atau perdarahan menjadi berlebih, maka evakuasi hasil konsepsi segera di indikasikan untuk meminimalkan perdarahan dan risiko infeksi pelvis. Sebaiknya evakuasi dilakukan dengan aspirasi vakum, karena tidak memerlukan anestesi.
Missed abortion sebaiknya dirawat di rumah sakit karena memerluka kuretase dan ada kemungkinan perdarahan banyak serta risiko transfusi.
Prinsip umum terapi abortus septik adalah :
Infeksi harus di kendalikan dengan antibiotik yang tepat. Volume intravaskuler efektif harus dipertahankan untuk memberikan perfusi jaringan yang adekuat. Hasil konsepsi dalam uterus harus dievakuasi, bila perlu dilakukan laparotomi eksplorasi, sampai pengangkatan rahim
Untuk Download Dokumen Klik Disini.


By Haris HS
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 comments: