10 Januari 2013

Di balik makna tahun baru hijriyah





Haris HS | 00.46 | 0 Comments




Tahun Baru Hijriyah,,Sekarang ini lebih banyak kaum muslimin lebih hafal bulan-bulan kalender masehi dibanding dengan bulan di kalender Hijriyah,,mereka lebih antusias untuk merayakan tahun baru Masehi di bandingkan Tahun Baru Hijriyah, ketika akan masuk tahun baru masehi mereka sudah menyiapkan jauh-jauh hari menyambut perpindahan tahun tersebut dengan berbagai hal, tapi ketika datang Tahun Baru Hijriyah mereka tidak melakukan seperti yang mereka lakukan saat menyambut tahun baru masehi.

Kalender Hijriyah di buat semasa Khalifah Umar bin Khattab RA, ketika itu Islam telah berkembang pesat dan mempunyai wilayah yang sangat luas, karena itu menimbulkan berbagai persoalan Administrasi, Surat menyurat antar gubernur daerah belum tersusun rapi karena belum adanya acuan penanggalan yang sama, setiap daerah menggunakan sistem penanggalan lokal yang sering kali mengalami perbedaan dengan daerah lain, melihat yang sedemikian maka Khalifah Umar bin Khttab RA memanggil para sahabat dan dewan penasehat untuk menentukan sebuah sistem penanggalan yang diberlakukan di seluruh wilayah Islam.

Masalah tidak cukup sampai disini para sahabat dan dewan penasehat mengalami kebingungan apa yang di gunakan sebagai patokan dari awal Penanggalan Hijriyah, Apakah akan menggunakan tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW, seperti kaum Nasrani? apakah saat kematian Beliau? ataukah saat Nabi diangkat menjadi Rosul atau turunya Al-Qur'an?Ataukah saat kemenangan kaum muslimin dalam peperangan?
Ternyata pilihan majlis Khalifah Umar bin Khattab RA lebih memilih menggunakan ketika Nabi Muhammad SAW dan para sahabat melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah, kalender tersebut dimulai dari tanggal 1 Muharam tahun peristiwa hijrah Nabi, atau bertepatan dengan tanggal 16 juli 662 M.

"Ia (kalender islam) dimulai dengan Hijrah, atau pengorbanan demi kebenaran dan keberlangsungan Risalah. Ia adalah ilham ilahiyah. Allah ingin mengajarkan manusia bahwa peperangan antara kebenaran dan kebatilan akan berlangsung terus. Kalender islam mengingatkan kaum muslimin setiap tahun bukan kepada kejayaan dan kebesaran islam namun kepada pengorbanan (Nabi dan sahabatnya) dan mengingatkan mereka agar melakukan hal yang sama."




By Haris HS
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 comments: