13 Januari 2013

Menjaga Kesahatan Di musim Hujan





Haris HS | 21.07 | 1 Comment



Di musim hujan seperti saat ini, biasanya daya tahan tubuh akan menurun dan jika Anda tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan, Anda dapat terserang flu, batuk, pilek ataupun penyakit lain yang sering muncul di musim hujan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai melakukan hal-hal yang sering luput dari perhatian Anda tetapi sangat berpengaruh pada kesehatan dan ketahanan tubuh Anda.

berikut faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh kita saat musim hujan

1.Sinar Matahari yanag kurang
Musim hujan identik dengan mendung dan sinar matahari yang kurang, dan tahukah anda apa yang paling ditakuti bakteri dan virus? Ya, yang paling ditakuti virus dan bakteri adalah sinar matahari, inilah mengapa perkembangbiakan virus dan bakteri akan lebih mudah di musim penghujan ini. Dengan jumlah bakteri dan virus yang lebih banyak tentu kita juga akan lebih mudah sakit jika tidak pintar-pintar menjaga daya tahan tubuh kita.


2. Kelembaban Udara yang Tinggi

Udara lembab sangat disukai oleh bakteri dan virus serta jamur. Apalagi tempat yang lembab tersebut tidak terkena sinar matahari. Benda-benda seperti karpet, sofa, boneka, dan kasur rentan untuk dihinggapi bakteri dan jamur pada kondisi lembab ini




3. Angin Kencang
Pada musim hujan dan pancaroba, angin cenderung bertiup lebih kencang, menerbangkan debu-debu dan juga bakteri yang melekat pada debu tersebut. Tak heran pada musim seperti ini angka kejadian penyakit pernapasan dan juga penyakit mata meningkat.




4. Cenderung Lebih banyak berdiam diri di Ruangan

Saat hujan, orang cenderung lebih suka diam di dalam ruangan, hal ini mempermudah penularan antara individu satu dan yang lain, terlebih dalam ruangan sempit seperti lift. Satu orang saja yang terkena akan sangat mudah menular ke yang lainnya.



kemudian bagaimana cara kita mengatasi agar daya tahan tubuh kita tetap Fit??berikut tips yang bisa di gunakan untuk menjaga daya tahan tubuh

1. Gunakan Mantel atau Jaket

Agar suhu tubuh tetap terjaga dimusim dingin, sediakan pakaian tebal seperti mantel atau jaket sejenisnya. usahakan mantel yang kita pakai tidak basah percuma  saja pakai mantel atau jas hujan yang bash








 2.Konsumsi Makanan, Minuman Bergizi dan Vitamin C
 Cuaca dingin sering membuat kita merasa lapar. Jumlah dan jenis makanan juga harus diperhatikan di musim hujan. Usahakan untuk selalu makan makanan bergizi dan mengkonsumsi vitamin C sebagai anti oksidant yang dapat mendorong pembuatan zat kebal pada tubuh untuk melawan penyakit.




3. Olah Raga dan Istirahat yang cukup

 Luangkan waktu untuk berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan istirahatlah yang cukup Karena dengan beristirahat secara teratur dapat menghilangkan rasa capek yang berlebihan yang dapat memancing hormon stres yang juga dapat menurunkan kualitas daya tahan tubuh kita.








4. Menjauhi sumber penyakit
 Perhatikan lingkungan rumah anda, karena pasti di musim hujan banyak sekali terdapat genangan air. Tentunya hal ini tidak disia-siakan oleh nyamuk untuk berkembang biak. Menghindari nyamuk saat musim hujan adalah hal yang sangat penting, terutama menghindari penyakit malaria. Air yang tenang adalah tempat bertelur bagi nyamuk. Membuang air dari pot bunga dan pendingin yang tidak berguna adalah cara pertama mengendalikan pertumbuhan nyamuk. Selanjutnya, gunakanlah krim dan raket antinyamuk, yang tersedia di pasar untuk melindungi Anda dari gigitan nyamuk.
5. Usahakan Untuk Tidak Terkena Air Hujan.
 Air hujan dapat memicu penurunan daya tahan tubuh Anda, maka dari itu selalu siapkan payung ataupun jas hujan jika Anda bepergian dan cuaca akan hujan.









6. Perbanyak Minum Air Putih
 Kebiasaan minum air putih juga merupakan hal yang harus di jaga untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Usahakan untuk selalu minum air putih 8 gelas sehari agar tidak dehidrasi dan membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda.





Semoga bermanfaat sob


By Haris HS
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

1 comments: